Selasa, 31 Maret 2015

Tugas 4 - Kalkulator Sederhana dengan Java

Nama Matakuliah        : Pemrograman Berorientasi Objek
Nama                           : I Gusti Ngurah Yoga Pawitra
NIM                             : 1404505052 
Nama Dosen                : I Putu Agus Eka Pratama ST.,MT
Jurusan                        : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                  : Udayana



    Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat kalkulator sederhana dengan java. Program kalkulator ini sendiri merupakan program sederhana yang meliputi proses perhitungan - perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan modulus.
baik langsung saja kita membuat dengan pertama membuat file java baru seperti biasanya, kemudian tuliskan koding dibawah ini
//Menggunakan kelas java IO
import java.io.*;

// Kelas utama : kalkulator
public class Kalkulator{

/* Memiliki 7 methode :
 * Pemilihan Menu, Input Angka, dan
 * Operasi angka (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian, Modulus).
 */

   //Methode untuk operasi penjumlahan 
   public int tambah (int a, int b) {
      int c = a + b ;
      return c;
   }

   //Methode untuk operasi pengurangan
   public int kurang (int a, int b) {
      int c = a - b;
      return c;
   }

   //Methode untuk operasi perkalian
   public int kali (int a, int b) {
      int c = a * b;
      return c;
   }

   //Methode untuk operasi pembagian
   public float bagi (int a, int b) {
      int c = a / b;
      return c;
   }
  
   //Metode untuk operasi modulus
   public int mod (int a, int b) {
      int c = a % b;
      return c;
   } 

   //Methode untuk input angka
   public int inputangka () {
      String angka;
      int a2 = 0;
      try {
         BufferedReader buffer = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
         angka = buffer.readLine();
         a2 = Integer.parseInt(angka);
      }
      catch (IOException e) {
         System.err.println("Maaf, terjadi kesalahan berikut : " + e);
      }
      return a2;    
   }

   //Methode untuk pemilihan menu di kalkulator
   public void pilihmenu (int pilih) {
      int a, b;
      float c;
      switch (pilih) {
         case 1 :
            System.out.println("Penjumlahan");
            System.out.println("Angka pertama = ");
            a = this.inputangka();
            System.out.println("Angka kedua   = ");
            b = this.inputangka();
            c = this.tambah(a,b);
            System.out.println("Hasil         = " + c);
            System.out.println("");
            break;
         case 2 :
            System.out.println("Pengurangan");
            System.out.println("Angka pertama = ");
            a = this.inputangka();
            System.out.println("Angka kedua   = ");
            b = this.inputangka();
            c = this.kurang(a,b);
            System.out.println("Hasil     = " + c);
            System.out.println("");
            break;
         case 3 :
            System.out.println("Perkalian");
            System.out.println("Angka pertama = ");
            a = this.inputangka();
            System.out.println("Angka kedua   = ");
            b = this.inputangka();
            c = this.kali(a,b);
            System.out.println("Hasil         = " + c);
            System.out.println("");
            break;
         case 4 :
            System.out.println("Pembagian");
            System.out.println("Angka pertama = ");
            a = this.inputangka();
            System.out.println("Angka kedua   = ");
            b = this.inputangka();
            c = this.bagi(a,b);
            System.out.println("Hasil         = " + c);
            System.out.println("");
            break;
         case 5 :
            System.out.println("Modulus");
            System.out.println("Angka pertama = ");
            a = this.inputangka();
            System.out.println("Angka kedua   = ");
            b = this.inputangka();
            c = this.mod(a,b);
            System.out.println("Hasil         = " + c);
            System.out.println("");
            break;
         case 6 :
            System.out.println ("Terima kasih.");
            System.out.println("");
            break;
         default :
            System.out.println("Maaf pilihan anda salah. Mohon ulangi lagi.");
            System.out.println("");
      }
   }
  
   //kata "main" menunjukkan kelas utama
   public static void main(String[] args) {
      int pilih;
      
      //instansiansi objek
      Kalkulator kalkulator = new Kalkulator();
     
      //Tampilan program
      //Menggunakan do.. while..
      do {
         System.out.println("------------ KALKULATOR ------------");
         System.out.println("Pilih salah satu menu di bawah ini :");
         System.out.println("1. Penjumlahan");
         System.out.println("2. Pengurangan");
         System.out.println("3. Perkalian");
         System.out.println("4. Pembagian");
         System.out.println("5. Modulus");
         System.out.println("6. Keluar");
         System.out.println("------------------------------------");
         System.out.println("");
         System.out.println("Pilihan anda? ");
         pilih = kalkulator.inputangka();
         kalkulator.pilihmenu(pilih);
      }
    Program ini terdiri dari class Kalkulator yang memiliki 7 buah method yaitu operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan modulus, serta menginputan angka dan pemilihan menu. Masing-masing method tersebut mempunyi fungsi sesuai namanya.
Pada fungsi main, disana digunakan sintaks do-while. Penggunaannya hanya untuk proses pengulangan ketika inputan yang dimasukkan dari keyboard (variable pilih) tidak sama dengan 6. Selain itu di method pemilihan menu, disana digunakan operasi switch. Fungsinya adalah untuk melakukan pemilihan kondisi sesuai inputan pada variable pilih, yang dinyataan melalui case 1 sampai case 6, sedangkan default akan berjalan apabila variable pilih diinputkan selain angka 1 sampai 6.
     Pada sintaks di atas terdapat penggunaan dari Kelas Java IO "import java.io.*;". Penggunaan sintaks tersebut sebenarnya untuk menggungkinkan kita mendapatkan inputan langsung dari keyboard pada saat program sudah dijalankan nantinya. Penggunaannya terlihat jelas pada methode inputangka di pada class Kalkulator yaitu :
//Methode untuk input angka
   public int inputangka () {
      String angka;
      int a2 = 0;
      try {
         BufferedReader buffer = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
         angka = buffer.readLine();
         a2 = Integer.parseInt(angka);
      }
      catch (IOException e) {

         System.err.println("Maaf, terjadi kesalahan berikut : " + e);
      }
      return a2;    
   }
    Pendeklarasian "import java.io.*;" di awal yang menyebabkan fungsi dari sintak di atas berjalan dengan baik sehingga penginputan dari keyboard bisa berjalan dengan baik. Setelah semua koding  telah dimasukan maka tekan f8 atau compile, setelah di compile maka langkah terakhir dengan execute atau tekan f5, jika sudah akan terlihat seperti dibawah ini

selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar